Senin, 02 Januari 2012

10 tips meningkatkan kecerdasan

Jika anda ingin punya akal yang lebih tajam, mulailah aktif merawat dan meningkatkan kemampuannya.
Inilah 10 Tips untuk meningkatkan kecerdasan otak anda :
1. Ubah Rutinitas
- Sikat gigi anda dengan tangan kiri ( jika anda bukan kidal ), berlari mundur ketika joging, dan lakukan apapun yang ‘ menyimpang ‘ dari kebiasaan anda setiap hari.Dengan begini anda akan merangsang area-area baru di otak dan mendorongnya untuk membuat koneksi – koneksi baru.

2. Puaskan Dahaga
- Sebesar 80% otak anda adalah air, dan jika ia tidak terhidrasi, sel – sel saraf anda tak akan dapat berfungsi dengan baik.
Minum delapan gelas per hari serta hindari alkohol dan kafein yang berlebihan

3. Pastikan Tujuh Jam Tidur
- Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang tidur selama tujuh jam menunjukkan aktifitas otak yang secara signifikan lebih besar dari mereka yang tidak.Kurang tidur dapat menghambat proses belajar, kosentrasi dan memori

4. Tenangkan Otak
- Miliki pikiran yang tenang, jernih dan bebas stres lewat pernafasan perut yang bersifat meditatif : Ambil nafas perlahan hingga perut anda ( bukan dada ) membusung, lantas ucapkan “satu” ketika anda menghembuskan nafas.Ulangi selama sepeuluh menit.

5. Liukkan Tubuh
- Hanya sedikit aktifitas yang punya variasi stimulasi otak seluas menari.Menari menuntut banyak hal, dari koordinasi, pengaturan sampai perencanaan dan penilaian.

6. Batasi TV
- Pria yang menonton TV lebih dari dua jam sehari memiliki resiko yang secara signifikan lebih tinggi terhadap Alzheimer dibanding mereka yang menonton kurang dari itu.

7. Ikut Klub Buku
- Membaca hanya bagus bagi otak ketika melibatkan penyimpanan dan pengambilan informasi.Itulah sebabnya klub buku bisa bermanfaat.Plus, aspek sosial dari bertemu orang-orang dalam komunitas tersebut menambah dinamika lain yang menguatkan fungsi kognitif.

8. Pilih Obat Nyeri Yg Tepat
- Menurut sebuah studi yang terbaru, pria mengkonsumsi ibuprofen punya kemungkinan 44% lebih sedikit untuk mengalami Alzheimer ketimbang mereka yang tidak.Waspadalah terhadap asetaminofen.Obat tersebut mengganggu fungsi hati dan mengurangi produksi antioksidan bernama glutation dalam tubuh, yang penting bagi fungsi otak.

9. Enyahkan Pikiran Negatif
- Pikiran negatif yang datang secara otomatis dapat melukai area otak yang bertanggung jawab terhadap kecemasan.Pikiran negatif juga meningkatkan produksi hormon stress, yang bisa membunuh sel-sel otak.Jadi, setiap kali pikiran negatif merasuki kepala anda, tuliskan di selembar kertas dan susunlah strategi untuk mengoreksinya.

10. Bercintalah
- Pria yang bercinta setidaknya dua kali seminggu punya kecendrungan 50% lebih sedikit untuk mengalami serangan jantung ketimbang mereka yang berhubungan seks lebih jarang.Hal ini penting karena sejumlah bukti yang terus bertambah mendukung sebuah fakta sderhana : Apa yang baik bagi jantung, baik juga bagi otak.Seks juga melepaskan zat kimia menyenangkan yang melawan stress.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar